Mulai 12 Maret 2018, ArcadeGaming.ID efektif hanya memberikan post berupa guide permainan
Home SEGAMaiMai Ringkasan Livestream SEGA: CHUNITHM, maimai, dan Ongeki!

Ringkasan Livestream SEGA: CHUNITHM, maimai, dan Ongeki!

written by 890 December 22, 2017

Arcade Gamers, baru belakangan ini SEGA mengadakan livestream melalui Niconico dan YouTube. Dalam livestream ini SEGA mengumumkan perihal-perihal penting tentang permainan musik mereka, yaitu CHUNITHM, maimai, dan yang paling ditunggu-tunggu: penampakan perdana game terbaru SEGA yang sama sekali berbeda rhythm game lain di pasaran saat ini, yaitu ONGEKI! Berikut adalah recap dari live event ini.

maimai

Fokus dari bagian pertama livestream ini adalah versi terbaru maimai yang baru saja dirilis, maimai MiLK. Menggantikan Otohime dan kawan-kawan, maskot terbaru maimai adalah tiga gadis imut bernama Ras (CV: Sakura Ayane), Chiffon (CV: MAKO), dan Salt (CV: Igarashi Hiromi) yang mengenakan kostum maid, bertema pelayan di sebuah cafe.

Ketiga maskot maimai MiLK: (dari kiri ke kanan) Chiffon, Ras, dan Salt. Versi ini dirilis tanggal 14 Desember kemarin di Jepang.

User Interface juga telah disesuaikan dengan tema cafe, dan secara keseluruhan terlihat lebih bersih dari UI Murasaki. Di versi baru ini, pemain juga dapat memilih karakter yang disukai untuk menemani pemain di layar pemilihan lagu dan juga result screen, fitur yang cukup mirip dengan yang sudah dimiliki SOUND VOLTEX. Versi MiLK juga ditambahkan mode survival course, dimana pemain harus memainkan empat lagu tanpa menghabiskan life yang disediakan di awal course. Good/Miss memakan 1 life, dan dari cuplikan yang disediakan di stream, akan dihadiahkan 10 life setiap selesainya 1 lagu. Selain hal-hal ini, SEGA juga memamerkan collab maimai dengan Kemono Friends (sugoi sekali) dan Hinako Note (keduanya tidak dapat dimainkan di luar Jepang), juga lagu-lagu baru lain seperti MilK / morimoriatsushi (lagu BMS), Magical Flavor / DECO*27 feat. Tia (theme song untuk versi ini), dan lain-lain.

Info selanjutnya tentang maimai MiLK dapat dilihat di postingan yang khusus dipertunjukkan untuk maimai beberapa hari lalu.

Contoh interface baru maimai MiLK, bertema menu.

Collab maimai dengan Kemono Friends. Lagu yang difiturkan adalah Youkoso Japari Park e.

Semua lagu baru yang dirilis di maimai MiLK saat launching.

CHUNITHM

Untuk CHUNITHM, diadakan pengumuman pemenang popularity contest karakter CHUNITHM tergantung dari kategori karakter tersebut, dimana terdapat 5 kategori, yaitu Relation, Gumin, Metaverse, Genesis of Destiny dan SeelischTact. Secara berurutan, pemenang setiap kategori adalah Astraia, Koutarou (memang belakangan ini trap selalu menjadi primadona), MDA-21 Regulus, Ninika, dan Lumiera.

Hasil popularity contest CHUNITHM divisi Relation. Posisi pertama Astraia, diikuti Aoi dan Himemi.

Selain kontes ini, juga dipromosikan beberapa merchandise CHUNITHM yang rilis sebentar lagi, di antaranya Blu-Ray Irodorimidori Live in Akasaka Blitz yang merupakan satu paket bersama cover album CHUNITHM. Akhirnya, ada juga pengumuman rilisnya lagu terbaru yaitu lagu Kotoboke Nagi berjudul Irotoridori no Melody, dan juga tiga map area baru, dengan boss song yang digubah oleh artis yang sudah tidak asing lagi untuk para penggemar vocaloid, diantaranya 40mP dan OSTER Project.

Promosi album Irodorimidori Live in Akasaka Blitz dan Cover Album lagu-lagu CHUNITHM, yang akan rilis bulan Febuari mendatang.

Dapatkan icon Nagi seperti di jacket lagu ini (Irotoridori no Melody) dengan mamainkan seluruh difficulty-nya.

Kelima map baru STAR ep. III. Artis yang tampil adalah OSTER project feat. Gem, doriko feat. VALSHE, HALFBY, Crusher-P, dan 40mP feat. Shano.

SEGA Arcade Otoge Championship (SAC)

Segmen unik di livestream kali ini adalah adanya mini turnamen maimai dan CHUNITHM untuk tamu yang secara khusus diundang SEGA, dinamakan Sega Arcade Otoge Championship, disingkat SAC. Pemain yang diundang adalah asuko/あすこ, matezon/まてぞん, hourai/蓬莱, ZYD, dan karameru/からめる (yang terkenal dari video absurd  yang memakai lagu rhythm game di akun twitter @purinharumaki). Setiap pemain harus memainkan 2 lagu di maimai dan 2 lagu di CHUNITHM, dan poin akan diberikan tergantung ranking pemain di lagu itu. Pemenang ronde diberikan 3 poin, posisi kedua mendapat 2 poin, posisi ketiga 1 poin, dan posisi keempat 0 poin. Pemenang turnamen adalah pemain dengan poin terbanyak setelah empat ronde. ZYD dan karameru bermain sebagai satu tim, dimana ZYD bermain chunithm dan karameru berkancah di maimai.

Semua kontestan SAC edisi perdana! (Dari kiri ke kanan) asuko, matezon, ZYD, karameru, dan hourai.

maimai adalah game yang pertama dipertandingkan, dan lagu pertama yang terpilih dari pool adalah Axeria (level 13). asuko dan matezon mendapat giliran bermain terlebih dahulu, dilanjutkan oleh karameru dan hourai. asuko adalah pemenang ronde ini dengan skor 605850, diikuti dengan matezon dengan selisih skor yang tertipis. matezon meraih skor 605800, dan di penghujung lagu kedua pemain terlihat seri dengan persentase achievement yang sama, yaitu 99,72%. Diikuti oleh hourai dan akhirnya karameru yang masing-masing meraih skor 601850 (99,06%) dan 600200 (98,79%).

asuko (Azerty7s) vs. matezon (ne2.A*tv). Lagu yang dimainkan adalah Axeria.

Ronde kedua, lagu CHUNITHM yang diambil dari pool adalah Omochakyou Soukyoku -Shuuen- (玩具狂奏曲 -終焉-) (level 14). Urutan bermain tetap sama, hanya saja karameru digantikan oleh ZYD di ronde kedua dan keempat, yang adalah ronde CHUNITHM. Pemenang ronde ini adalah matezon, yang meraup skor 1.008.565 poin, jauh diatas posisi kedua asuko (1.006.006), posisi ketiga hourai (1.005.5778), dan posisi keempat ZYD (1.005.085).

ZYD (ZYD) vs. Hourai (~ë~.BOT). Lagu yang dimainkan adalah Omchakyou Soukyoku -Shuuen-.

Kembali ke maimai untuk ronde ketiga, lagu yang terpilih adalah Moon of Noon (level 13). Ronde ini kembali dimenangkan oleh matezon, dengan skor 698550 (99,86%), diikuti oleh asuko dengan skor 695400 (99,41%), kemudian hourai dengan 684200 (97,81%) dan akhirnya karameru dengan 651250 (93,10%). Walaupun terlihat seperti skor yang buruk, ternyata karameru baru pertama kali memainkan chart ini, dan untuk first try salah satu level 13 yang sempat menjadi challenge track, ini adalah hasil yang terhormat.

karameru (KARAMERU) vs. hourai (COG). Lagu yang dimainkan adalah Moon of Noon.

Untuk ronde terakhir, lagu CHUNITHM yang terpilih adalah Kattobi KEIKYU Rider (level 13+). Track yang penuh dengan vocal sample loli yang memparodikan konduktor kereta ini dimainkan dengan sangat handal oleh hourai, yang memenangkan ronde ini dengan skor yang mengesankan, yaitu 1.009.212. Diikuti oleh ZYD dengan 1.008.783, lalu asuko dengan 1.007.658 dan akhirnya matezon menduduki posisi terakhir dengan 1.007.508.

asuko (M23U.BOT) vs. matezon (nene*As). Lagu yang dimainkan adalah Kattobi KEIKYU Rider.

Hasil klasemen akhir setelah pengumpulan poin setiap ronde adalah sebagai berikut: asuko dan matezon sama-sama menduduki peringkat pertama dengan total 8 poin, diikuti hourai di posisi ketiga dengan 6 poin, dan tag team ZYD x karameru berada di peringkat terakhir dengan 2 poin.

Posisi leaderboard terakhir, menunjukkan seri antara asuko dan matezon.

Tiebreak dilakukan untuk menentukan pemenang, dengan cara menambah persentase semua skor pemain dibandingkan dengan skor maksimum yang dapat dicapai para pemain. Untuk maimai, jika skor maksimum di Axeria adalah 607700 (termasuk 2 break, yang menambahkan 200 poin jika kanzen), maka jika pemain mendapatkan 605500, maka persentase skor yang didapatkan pemain tersebut adalah 99.96% (walaupun in-game, skor 605500 adalah SSS alias 100.00%). Untuk CHUNITHM, skor yang didapatkan pemain dibagi dengan 1.010.000 (skor All Justice Critical) untuk mendapatkan persentase skor yang didapat pemain dibandingkan skor maksimum yang bisa didapatkan dalam CHUNITHM.

Setelah menambahkan hasil persentase dari 4 lagu yang dimainkan, asuko meraih skor total 398.26%, sementara matezon mendapatkan 398.93%. Maka matezon menjadi juara SEGA Arcade Otoge Championship edisi perdana di hari ulang tahunnya, dan sebagai pemenang turnamen, matezon juga diberi hadiah menjadi orang pertama yang dapat mencoba bermain game terbaru SEGA, yaitu ONGEKI!

Tiebreak dimenangkan oleh matezon!

Pemenang SAC kita kali ini, matezon!

ONGEKI Machine Reveal

Pada bagian terakhir livestream ini, kabinet permainan terbaru SEGA, yaitu ONGEKI untuk pertama kalinya diperlihatkan! Ada enam tombol yang langsung terlihat di mesin ini, tiga di setiap sisi. Tombol-tombol ini berbentuk kotak, seperti tombol BT SOUND VOLTEX. Dari tiga tombol di kedua sisi tersebut, tombol sebelah kiri menyala ungu, tombol tengah hijau, dan tombol kanan berwarna biru. Di kedua ujung kiri dan kanan area kabinet juga terdapat dua tombol besar di masing-masing sisi yang disebut tombol ‘kabedon’. Di tengah play area terdapat sebuah tuas/joystick yang bisa digerakkan ke kiri dan kanan. Layar monitor berorientasi vertikal, dan saat gameplay, ada selain dengan dropdown note seperti di banyak game lainnya, terdapat pemain juga mengendalikan tiga karakter yang berada di bagian bawah layar. Tiga karakter ini harus menghindari rintangan-rintangan yang ikut berjatuhan sambil pemain menekan not-not yang datang kepada mereka. Maka ONGEKI adalah sebuah crossover antara rhythm game dan shmup (bullet hell games). Players have to hit objects and avoid objects at the same time!

Cuplikan dari showcase mesin ONGEKI di segmen akhir livestream, terlihat jelas tiga tombol di kiri dan kanan, tuas di tengah dan tombol kabedon berwarna ungu.

Pemain bisa mendapatkan karakter di game ini dengan mendapatkan kartu di kabinet yang terpisah dari cabinet ONGEKI sendiri. Kartu yang didapatkan di mesin ini kemudian tinggal dimasukkan dalam slot kartu yang berada di belakang tuas di mesin ONGEKI. Kartu yang didapatkan adalah acak, dan kesempatan untuk mendapatkan kartu yang diinginkan tergantung rarity dari kartu tersebut (sistem gacha). Kabar baiknya, kabinet ini bisa digunakan tidak saja untuk ONGEKI, namun juga untuk maimai dan CHUNITHM. Kita tinggal menunggu saja fitur-fitur yang akan diimplementasikan SEGA untuk mengintegrasi maimai dan CHUNITHM dengan mesin ini.

Mesin Card Maker yang akan kompatibel dengan maimai, CHUNITHM dan ONGEKI.

Beberapa kartu yang bisa didapatkan di Card Maker. Siap-siap bergacha, ya!

Seperti maimai dan CHUNITHM, ONGEKI juga akan memiliki koleksi lagu yang mencakup rhythm gamer dari segala latar belakang. Lagu-lagu anime, vocaloid, BMS, lagu dari game SEGA lainnya, dan juga lagu crossover dari maimai dan CHUNITHM semua akan secara bertahap ditambahkan ke song library ONGEKI. Selain itu, untuk lagu-lagu original, di livestream, SEGA sudah resmi menyatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan di antara lainnya M2U (DJMAX, Deemo, dst.) dan Miyazaki Makoto (Hi-fi Days, Samakani!! dari The [email protected] Cinderella Girls). Location testing (loctest) telah diadakan tanggal 15-17 ini di Club SEGA Akihabara, jadi tetaplah antusias untuk update lebih lanjut dari tim SEGA mengenai rilisnya ONGEKI di pasar Jepang, dan juga semoga di mancanegara!

matezon mencoba bermain ONGEKI untuk pertama kalinya. Tuas sedang digerakkan ke sebela kiri untuk menghindari obstakel jurang yang muncul di charting lane.

Sekian liputan ArcadeGaming.ID mengenai livestream SEGA kali ini! Semoga informasi yang telah tertera berguna bagi kalian. Kami terus berdoa agar CHUNITHM dan ONGEKI dapat dirilis SEGA di luar negerinya sendiri. Yang pasti, tunggulah rilisnya maimai MiLK di Indonesia yang akan datang tidak lama lagi!

Edited by fumiru

You may also like

Leave a Comment